3

Untuk android dengan sistem operasi jelly bean 4.2.2 ke atas, tampilan status bar sudah di design menjadi transparan. Sebagian merasa hal itu menjadi lebih bagus, tetapi sebagian juga melihatnya agak aneh. Sama halnya jika kita menginstall home launcher atau custom ROM, terkadang tampilan status bar ini tidak lagi transparan sehingga layar perangkar kita kelihatan lebih kecil.

Untuk merubah tampilan status bar ini, banyak yang meberikan tutorialnya, namun harus melakukan proses yang lumayan rumit. Jadi di postingan ini saya akan memberikan solusi bagaimana cara mudah untuk menjadikan tampilan status bar ini menjadi transparan atau sebaliknya tanpa membongkar system atau file apk.

Untuk melakukannya pertama kita harus menginstall xposed installer. Tentang hal ini kita sudah pernah membahasnya di postingan Menggunakan Xposed Untuk Melakukan Tweak Pada Framework Android.

Setelah install Xposed Installer maka kita hanya memerlukan satu aplikasi lagi yaitu Wanam Xposed. Kalian bisa langsung mendapatkannya dari menu download yang ada di Xposed Installer atau dari Google Play.

Cara membuat status bar menjadi transparan.
1. Buka Wanam Exposed.
2. Masuk ke menu Theme.



3. Buka pengaturan background untuk status bar.


4. Aktifkan Pengaturan Background Color dan rubah Opacity menjadi 0.



5. Klik applay.
6. Restart Perangkat anda dan lihat hasilnya.

Selain Bisa untuk membuat status bar menjadi transparan, Wanam Xposed bisa juga di gunakan untuk keperluan-keperluan lainnya seperti merubah warna dan posisi jam, merubah warna battery, memunculkan fitur record pada saat melakukan panggilan dan lain sebagainya. Kalian bisa mengotak-atik dan mencoba satu-satu dari kegunaannya.

Post a Comment

 
Top