1

Bootloop adalah salah satu yang paling sering dialami oleh pengguna android. Apa sich bootloop itu? Secara singkatnya saja, Bootloop merupakan proses dimana perangkat tidak bisa booting sempurna. Hanya sampai di bootanimation. Hal ini bisa  disebabkan berbagai macam faktor.

Penyebab yang paling sering terjadi pastinya kegagalan saat pengintalan CWM/TWRP recovery atau kegagalan dalam penginstallan custom rom. Intinya Bootloop ini biasa terjadi karena kita mengubah sesuatu di sistem operasi perangkat android yang kita gunakan.

Namun ada kalanya juga Bootloop ini terjadi meskipun kita tidak melakukan sesuatu apapun terhadap system operasi. Untuk cara mengatasinya ada beberapa cara.

1. Lepaskan Batre dan memory card dari perangkat.
2. Tunggu hingga sekitar 1 menit.
3. Pasang kembali batre, sedangkan memory tidak usah dipasang.
4. Hidupkan perangkat android anda.
5. Jika bisa menyala dengan sempurna, coba pasang kembali memori card.
6. Jika perangkat kembali bootloot berarti memori card yang anda gunakan bermasalah.

Selanjutnya adalah jika setelah langkah-langkah di atas tetap saja bootloop.
1. Masuk ke recovery mode. Caranya matikan perangkat lalu hidupkan dengan menekan dan tahan tombol home + Vol atas + Power.
2. Pilih wipe data/factory reset. Tombol volume sebagai cursor untuk naik turun dan Tombol power untuk memilih.

Jika anda melakukan cara kedua maka seluruh data dan aplikasi yang ada di memori telepon akan hilang. Jika masih saja bootloot, maka solusi ke 3 adalah dengan melakukan flash ulang firmware. Untuk tutorialnya bisa di bawa pada postingan CARA FLASHING/UPDATE ANDROID 4.2.2 JELLY BEAN DI GALAXY GRAND I9802




Post a Comment

  1. oot
    tlg min, baru tadi mlm root trus ganti2 ikon malah status bar ilang(+ notif notifnya juga ga mau muncul), navbar.nya ad yg ndk bisa, ga bisa ngunci, trus hp panas bgt.. sempet bootloop jg sih.
    solusinya gmn min??

    ReplyDelete

 
Top