1
 Google Play Store Error Retrieving information from server [RPC:S-3:AEC-0]

Setelah melakukan upgade firmware baik yang official maupun yang custom, Terkadang ada beberapa aplikasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Jika aplikasi-aplikasi tersebut tidak terlalu sering digunakan mungkin tidak akan ada masalah. Tapi bagaimana jika yang bermasalah adalah aplikasi google play?

Google Play atau Play Store merupakan salah satu aplikasi penting bagi pengguna android. Beberapa masalah yang sering kali terjadi di aplikasi ini adalah kasus ketika kita ingin mendownload salah satu aplikasi dari google play tiba-tiba muncul peringatan download atau update "nama aplikasi" could not be downloaded due an errot. Error Retrieving information from server [RPC:S-3:AEC-0], Error Retrieving information from server [RPC:S-4:AEC-0], Error Retrieving information from server [RPC:S-5:AEC-0], Error Retrieving information from server [RPC:S-6:AEC-0], dan Error Retrieving information from server [RPC:S-07:AEC-0].

Penyebab masalah ini adalah dikarenakan terjadinya bentrokan data dan cache di beberapa aplikasi bawaan perangkat kita. Biasanya Aplikasi Play Store Sendiri, Google Service Framework, dan Aplikasi Download Manager. Untuk cara mengatasi google play Error Retrieving information from server [RPC:S-3:AEC-0], dst ini cukup simple. Jika kita sudah mengetahui penyebabnya, maka yang perlu kita lakukan hanyalah membersihkan data dan cache dari aplikasi-aplikasi tersebut.



Caranya adalah:
1. Masuk ke Setting - MoreApplication Manager.
2. Slide kekiri dan buka Tab All lalu cari Aplikasi Play Store.
3. Klik untuk membuka app info lalu pilih Force Stop lalu Clear Data.
4. Cari Aplikasi Download Manager.
5. Klik untuk membuka app info lalu pilih Force Stop lalu Clear Data.
6. Cari Aplikasi Google Service Framework.
7. Klik untuk membuka app info lalu pilih Force Stop lalu Clear Data.
8. Reboot Perangkat.

Post a Comment

 
Top