0
Untuk melegakan memori internal perangkat android pastilah solusinya adalah dengan memindahkan Aplikasi + Obb/data File Android Anda. Salah satu caranya pernah kita bahas di postingan uninstall aplikasi bawaan dan memindahkan aplikasi ke memori eksternal dengan Link2sd.

Dipostingan kali ini ada satu cara lagi yang bisa digunakan untuk memindahkan aplikasi dan data/obb ke memori eksternal. Yaitu dengan aplikasi foldermount. Anda bisa mencari aplikasinya di playstore (link).


Syarat Untuk penggunaannya:
1. Perangkat anda harus sudah diroot.
2. Pastikan memori eksternal masih memiliki space yang cukup untuk menampung data yang akan dipindahkan.

Cara Memindahkan aplikasi dan data ke memori eksternal dengan foldermount.
1. Install aplikasi foldermount.
2. Buka Aplikasi foldermount, kemudian klik icon folder pojok kiri atas sehingga keluar window pilihan di samping kiri aplikasi.
3. Klik apps analyzer dan tunggu hingga semua aplikasi terdeteksi oleh aplikasi.


4. Pilih aplikasi yang ingin kita pindahkan, lalu klik create pair di samping Data/obb. Jika data aplikasi hanya terdapat di android/data maka yang perlu di pindahkan hanya data saja. Namun jika aplikasi memiliki data di folder android/obb, maka kedua-duanya juga harus di pindahkan.


5. Klik Yes.
6. Centang checkbox yang ada disamping kanan tulisan Exclude from media scan.
7. Klik tanda contreng putih di bagian atas. Jika ada pertanyaan klik yes lagi.


8.  Klik icon folder pojok kiri atas sehingga keluar window pilihan di samping kiri aplikasi lagi lalu pilih List of Pair.
9. Klik tanda paku putih (Pin) hingga berubah menjadi hijau.


10. Dan selamat. Aplikasi anda telah berhasil dipindahkan.

Jika anda masih melihat data di internal memori anda, biarkan saja karena itu hanya berupa data virtual. Sementara data aslinya sudah di pindahkan ke memori eksternal. 

Post a Comment

 
Top