3
Banyak sekali keluhan yang dilontarkan para pengguna samsung galaxy Galaxy Grand Duos GT-I9082 setelah upgrade ke jellybean 4.2.2. Diantaranya adalah memory internal yang semakin sumpek dan banyaknya aplikasi yang berjalan di background menyebabkan pemakaian RAM semakin membengkak.

Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kinerja perangkat. Perangkat terasa lambat dan sering kali nge-hang sehingga terpaksa direstart agar bisa kembali bisa digunakan. Bahkan itu bisa terjadi berulang kali dalam 1 hari. Bisa di bayangkan betapa menyebalkannya apalagi jika kita dalam kondisi terburu-buru atau dalam kondisi mendesak.

Salah satu cara untuk mendongkrak dan mengatasi masalah tersebut adalah dengan mematikan aplikasi bawaan yang tidak terlalu dibutuhkan pada samsung galaxy Galaxy Grand Duos GT-I9082 melalui aplikasi manager. Namun hal ini belumlah terlalu banyak membantu karena dengan cara tersebut tidak mengurangi penggunaan memori. Sehingga disarankan untuk meng-uninstall saja aplikasi bawaan tersebut.

Agar lebih aman, kita akan mengulas cara menguninstall aplikasi bawaan tersebut menggunakan Tool Raccoon Optimizer. Untuk cara installnya bisa dibaca pada postingan Optimalisasi Galaxy Grand Duos GT-I9082 dengan Raccoon Optimizer.

Untuk cara uninstallnya silakan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Raccoon Optimizer lalu pilih Android tuner.


2. Pilih App Mgr.



3. Pastikan anda berada di tab Apps. Untuk melihat aplikasi bawaan, klik menu user (icon android warna biru) hingga menjadi system (icon android berubah merah).


4. Cari aplikasi yang ingin di uninstall kemudian klik 1 kali.
5. Klik menu manage (icon obeng).



6. Klik uninstall.



Perhatian:
Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, jangan lupa backup dulu perangkat anda melalui CWM recovery.

Tips:
1.  Jika tidak ingin memilih satu-satu, aktifkan menu multile select. Caranya klik menu dengan icon folder dan tanda seru paling kiri bawah. Sehingga muncul tulisan multiple dan icon menjadi berwarna.
2. Agar Aplikasi-aplikasi yang anda uninstall tidak benar-benar langsung dihapus ceklist backup tidak usah dihilangkan. Hasil backup-annya disimpan di folder: Storage/emulated/0/at/backups. Kalian juga bisa membuat file flashable zip jika ingin mengembalikannya ke system.

Post a Comment

  1. cara dapetin app racoon optimizer nya gimana?

    ReplyDelete
  2. min, minta bantuannya, saya mau hapus aplikasi line bawaan dari samsung grand neo, setelah mengikuti langkah-langkah di atas tapi untuk uninstall tidak ada, bagaimana solusinya?

    ReplyDelete

 
Top