0

Jika sudah mengetahui banyak tentang android, memang sudah lumrah kalau kita akan selalu mencari sesuatu yang berhubungan dengan perangkat kita. Mulai dari gonta-ganti wallpaper, install aplikasi yang tidak bermanfaat, gonta-ganti home launcher, hingga ke install custom rom. Semua itu kita lakukan untuk mendapatkan tampilan yang berbeda dengan perangkat sejenis hingga menjadikan performa perangkat yang lebih baik.

Saya sendiri termasuk salah satu maniac android. Hingga hari ini, saya sudah memiliki koleksi berbagai macam perangkat berbasis android. Mulai dari Samsung galaxy mini, Galaxy young, Galaxy Ace 1, Galaxy Ace 3 GT-S7270, Galaxy S3 GT-I9300, Tab 2 7.0 P3100, Galaxy Grand duos GT-I9082, hingga hingga yang terakhir galaxy note 3. Bukan karena ingin dibilang gaul atau keren. Tapi saya menjadi maniac android karena saya memang tipe orang yang suka penasaran. Karena ada banyak hal yang berbeda dengan perangkat-perangkat yang memiliki sistem operasi non-android. Salah satunya yang pasti kita di berikan kebebasan mutlak dalam memodifikasi perangkat kita.

Namun terkadang setelah bosan gonta-ganti custom ROM akhirnya masih saja kembali ke StockROM bawaan. Paling-paling yang dirubah hanya beberapa hal saja. Seperti Membuang aplikasi-aplikasi sistem yang saya anggap tidak terlalu saya perlukan dan mengganti home launcher dengan home launcher yang memiliki lebih banyak setting dan bisa di rubah sewaktu-waktu.


Salah satu home launcher favorit saya adalah Home launcher Xperia Z 2.0.5b. Launcher ini memiliki tampilan yang tidak terlalu jauh dari home launcher bawaan. Sehingga kelihatan lebih familiar. Namun Xperia Z home launcher 2.0.5b ini memiliki setting untuk mengatur transparansi, tombol-tombol shortcut, dan banyaknya grid di desktop dan juga di homescreen. Bahkan jika mau bisa sampai 12 x 12 grid. Tapi saya yakin kalau anda pun tidak akan menggunakan fitur ini kecuali di tablet ukuran 10 inchi.

Agar besarnya icon dan font sesuai dan juga mengaktifkan fitur auto rotatenya, kita bisa menggunakan aplikasi App Setting. Untuk aplikasi app setting ini bisa dibaca di postingan Membuat aplikasi bbm android agar bisa menjadi landscape. Misalnya Jika kita menginginkan tampilan grid menjadi 8 x 7, maka setting ukuran font kita rubah menjadi 75.

Jika berminat ingin mencoba Xperia Z home launcher 2.0.5b ini, anda bisa mendownload melalui link ini secara gratis. Untuk cara installnya bisa flash zip lewat CWM, atau di ekstrak dan install seperti biasa. 

Post a Comment

 
Top